sejarah lengkap proklamasi drawing party club indonesia

Perlu kita ingat kembali, banyak hal penting yang menjadikan Drawing Party Club pada masa awal berdiri bisa menyelenggarakan Party #2 di hari masih sayang ini berkat banyak support atau dukungan para anggota, peserta, teman dan partnership. Berkat mereka semua, Party #2 mampu diselenggarakan di tengah penjajahan berbagai aktivitas masing-masing yang sangat menyibukkan, mulai dari kuliah, kerja, berkeluarga, berbisnis, makan, minum, olah raga, mandi, buang air kecil, buang air besar, tidur dan rasa malas yang sudah menjajah sejak awal hari, dari bangun tidur hingga tidur lagi, hampir 24 jam penuh, sebelum akhirnya kita bisa beraktivitas menggambar lagi dan lagi.

Proklamasi Drawing Party Club sendiri sebenarnya adalah gelar yang diberikan pada Party #2 yang terlaksanakan pada hari Rabu, 28 Februari 2018 atau hari Rabu Wage, 12 Jumadilakir 1951 Dal, Sengara Langkir menurut kalender Jawa, dimana teks proklamasi dan poster Party #2 diterbitkan pertama kali di Instagram @drawingpartyclub dengan di-repost oleh beberapa anggota dan teman, baik di Instagram story maupun di lini masa Instagram pada tanggal 22 Februari 2018 atau hari Kamis Pon, 6 Jumadilakir 1951 Dal, Sengara Lakir menurut kalender Jawa. Pada kesempatan ini kita akan menjelaskan sejarah lengkap proklamasi Drawing Party Club dalam beberapa poin, untuk lebih memahami penjelasan dari kita ini, sebaiknya membaca artikel tentang Party #1 atau Party Perdana DPC di website ini.

  • Detik-detik penerbitan naskah proklamasi dan poster Party #2.

Dini hari pada tanggal 22 Februari 2018, para penggagas dan para pemuda panitia DPC, yang sudah kembali ke rumah masing-masing guna menyiapkan penyelenggaraan Party #2, masih ramai di Whatsapp membahas tentang penerbitan poster Party #2 di Instagram @drawingpartyclub yang harus disegerakan karena beberapa anggota, teman dan partnership DPC sudah mulai menerbitkan poster Party #2 di akun-akun Instagram mereka bahkan poster fisik pun sudah banyak ditempel dan disebar di beberapa tempat. Berkat ide dan saran dari @johnkonnorwilliam, akhirnya diputuskan untuk menggunakan teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sebagai rumusan sebuah teks caption untuk penerbitan poster Party #2 di Instagram @drawingpartyclub. Saat itu melalui mata-matanya mesin pencari Google, @myreceipt berhasil mengetahui teks asli Proklamasi Kemerdekaan Indonesia sehingga teks caption untuk penerbitan poster Party #2 di Instagram @drawingpartyclub bisa selesai dirumuskan dan disahkan.

Awalnya akan dilakukan penerbitan poster Party #2 dan teks caption di laman website www.drawingpartyclub.com yang sudah mulai ramai didatangi oleh masyarakat netizen dan barisan muda anggota DPC dalam rangka sign up dan menjadi saksi penerbitan poster Party #2. Frontman barisan punk rocker, Pig Face Joe, @happyarabika juga sudah sign up dan siap menjadi saksi penerbitan poster Party #2 di laman website www.drawingpartyclub.com. @happyarabika berhasil memotivasi @dollyfornia (kepala penggorengan salah satu ayam tepung di Surabaya), @tks.lowskill dan @tantrasakre untuk kemudian juga sign up dan siap menjadi saksi penerbitan poster Party #2 di laman website www.drawingpartyclub.com. Dikarenakan kebutuhan untuk mensegerakan penerbitan, maka poster Party #2 dan teks captionnya dipindahkan penerbitannya ke Instagram @drawingpartyclub.

Saat itu akun Instagram @drawingpartyclub baru memiliki sekitar 220 follower. Menjelang penerbitan poster Party #2 dan teks captionnya, @johnkonnorwilliam mengutus @bemoshang dan @rayundaivonne untuk mengirim email berisi file poster Party #2 kepada @myreceipt untuk segera diterbitkan di Instagram @drawingpartyclub. Segera setelah poster Party #2 dan teks captionnya diterbitkan, jumlah follower Instagram @drawingpartyclub bertambah. Bersamaan dengan itu, beberapa barisan muda anggota DPC mulai mengutus smart phone-nya untuk melakukan repost dan restory poster Party #2 di akun Instagram mereka masing-masing. Di sisi lain, para penggagas dan pemuda panitia DPC terus melakukan repost dan restory secara berulang-ulang.

  • Pelaksanaan Party #2 a.k.a. proklamasi Drawing Party Club.

Pelaksanaan Party #2 dengan tema “hari masih sayang” dilaksanakan pada tanggal 28 Februari 2018 (hari Rabu) di Tjangkrukan Tjap Tiga 6, Jl. Ngagel Timur No. 36 Surabaya (yang sampai sekarang masih beroperasi dan semoga semakin ramai). Sejak pukul tiga siang sudah dilakukan persiapan di tempat tersebut untuk mensukseskan Party #2 a.k.a. proklamasi Drawing Party Club.

Banyak tokoh pergerakan menggambar beserta insan masyarakat muda lainnya yang datang dan berkumpul di tempat itu. Sesuai apa yang sudah disepakati pemuda panitia DPC, rundown acara dimulai pukul lima sore dan tokoh-tokoh pergerakan menggambar beserta insan masyarakat muda lainnya sudah hadir di Tjangkrukan Tjap Tiga 6. Mereka semua hadir untuk party bersama dalam alunan garis dan warna gambar mereka di hari yang masih sayang ini.

Acara yang disusun dalam Party #2 di Tjangkrukan Tjap Tiga 6 tersebut, antara lain adalah;

Pembukaan acara pertanda party dimulai.
Menggambar bersama-sama semua yang hadir.
Sharing dan diskusi tentang karya gambar beberapa anggota.
Sharing dan diskusi tentang kegiatan party berikutnya, yaitu Party #3.
Game senang-senang oleh tuan rumah Tjangkrukan Tjap Tiga 6.
Pengumpulan karya gambar untuk donasi.
Penutupan acara pertanda party akan berlanjut lagi di Party #3.

Suasana menjadi semakin meriah ketika @eroticblackmagic dari Tjangkrukan Tjap Tiga 6 dipersilakan maju untuk mengumumkan dimulainya sebuah game senang-senang, yaitu game “selamatkan gambar ini”. Dengan suaranya yang mantap, @eroticblackmagic dan didampingi oleh @happyarabika memberikan arahan tentang game yang akan dimulai setelah sebelumnya telah disiapkan beberapa gambar untuk diselamatkan. Gambar tersebut dibagikan ke beberapa yang hadir untuk selanjutnya dipersilahkan menyelamatkannya dengan cara menggambari gambar tersebut dengan gambar-gambar yang bisa menyelamatkan gambar tersebut (eheheheh…).

Setelah game senang-senang selesai dilakukan, maka dilanjutkan dengan pengumuman pemenang game yang berhak mendapatkan segelas minuman dari Tjangkrukan Tjap Tiga 6. Berikutnya dilakukan pengumpulan hasil karya gambar untuk didonasikan dan penutupan acara Party #2 oleh pemuda panitia DPC.

  • Penyebaran informasi kabar berita tentang proklamasi Drawing Party Club.

Salah satu kendala/masalah utama setelah terjadinya Party #2 a.k.a. proklamasi Drawing Party Club ialah penyebaran informasi donasi karya gambar, foto dokumentasi dan berita atau artikel tentang DPC ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Hal ini dikarenakan luas Indonesia dan dunia yang sangat luas, ditambah dengan ketersediaan pemuda panitia DPC yang masih terjajah kesibukan dan rasa malas masing-masing. Namun hal ini tidak menyurutkan semangat juang dan loyalitas barisan muda anggota DPC yang terus memberikan dukungan dan menantikan informasi dan berita tentang DPC tersebut.

Bersyukur di era digital saat ini, laman website www.drawingpartyclub.com dan media sosial bisa memfasilitasi penyebaran informasi donasi karya gambar, foto dokumentasi dan berita atau artikel tentang DPC ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia. Karenanya penyebaran bisa dilakukan dengan mudah dan cepat serta semua yang membaca artikel ini tidak enggan untuk tetap terus menyebarkannya ke seluruh penjuru Indonesia dan dunia.

Terima kasih untuk waktunya dan kerelaannya untuk menyebarkan berita atau artikel ini, Salam Olah Gambar!

(Visited 2 times, 1 visits today)

Leave a Reply