jancuk! hari ini facebook mengumumkan libra cryptocurrency

Hari ini, 18 Juni 2019, tiga hari sebelum perayaan Go Skateboarding Day, Facebook akhirnya mengumumkan tentang mata uang digitalnya (cryptocurrency), yaitu Libra dengan merilis white paper di website Libra.Org. Tulisan yang aku buat ini memang tidak ada kaitannya dengan perayaan Go Skateboarding Day, tapi tulisan ini berisi semua hal yang perlu kamu ketahui tentang Libra, cryptocurrency-nya Facebook. Silahkan dibaca pelan-pelan, jangan buru-buru karena perayaan Go Skateboarding Day masih tiga hari lagi dan gajian masih sepuluh hari lagi, sabar yaaa!

Libra cryptocurrency-nya Facebook ini akan memungkinkan kamu untuk membeli sesuatu atau mengirim uang kepada orang lain hampir dengan tanpa biaya. Kamu dengan pseudonymously (dengan samaran) akan bisa membeli atau mencairkan saldo Libra-mu secara online atau di tempat-tempat penukaran saldo Libra lokal seperti toko grosir (Alfamart, Indomaret, dkk) dan kamu bisa juga menghabiskan saldo Libra-mu menggunakan aplikasi mobile dompet digital buatan pihak ketiga (bukan buatan pihak Libra) yang dapat beroperasi untuk saling menggunakan dan bertukar informasi dengan lawan sejenisnya, atau menggunakan aplikasi mobile dompet digital Calibra milik Facebook yang akan dibangun ke dalam WhatsApp, Messenger dan Facebook sendiri. Selain merilis white paper yang menjelaskan Libra, Facebook juga merilis testnet-nya Libra cryptocurrency untuk mengetahui kemampuan sistem blockchain Libra sebelum peluncuran secara publik pada paruh pertama tahun 2020 nanti.

Facebook tidak akan sepenuhnya mengendalikan Libra, tetapi hanya mendapatkan satu suara dalam pengambilan keputusan seperti anggota pendiri Asosiasi Libra lainnya, termasuk Visa, Uber dan Andreessen Horowitz, yang masing-masing telah menginvestasikan setidaknya US$10 juta ke dalam operasionalnya proyek Libra ini. Asosiasi Libra akan mempromosikan Libra blockchain yang open source (bersumber terbuka) dan developer platform dengan bahasa pemrogramannya sendiri, yaitu Move language. Selain itu Asosiasi Libra juga akan menambah daftar usaha-usaha atau bisnis yang mau menerima saldo Libra sebagai pembayaran, bahkan Asosiasi Libra juga akan memberikan diskon atau hadiah kepada penggunanya.

Sebelumnya, Facebook meluncurkan anak perusahaan yang juga disebut Calibra untuk menangani transaksi crypto dan melindungi privasi penggunanya dengan tidak pernah mencampur pembayaran Libra dengan data Facebook sehingga tidak dapat digunakan untuk target iklan. Identitas asli kamu sebagai pengguna tidak akan terikat dengan transaksimu yang dapat dilihat secara publik. Sedangkan Facebook/Calibra dan anggota pendiri Asosiasi Libra lainnya akan mendapatkan bunga dari uang tunai para pengguna Libra yang disimpan sebagai aset untuk menjaga nilai Libra tetap stabil.

Tawaran berani Facebook untuk menciptakan global digital currency yang mempromosikan inklusi keuangan bagi yang tidak memiliki rekening bank, sebenarnya memiliki lebih banyak privasi dan desentralisasi yang dibangun daripada yang diperkirakan banyak orang. Alih-alih mencoba mendominasi masa depan Libra atau memeras banyak pundi-pundi uang dari Libra dengan segera, Facebook malah memainkan permainan panjang dengan menarik pembayaran ke domain online-nya. VP blockchain Facebook, David Marcus selama briefing di gedung sejarah percetakan uang logam di San Francisco telah menjelaskan tentang kaitan motif perusahaan dengan sumber pendapatan utamanya.

Jika lebih banyak perdagangan terjadi, maka lebih banyak usaha kecil akan menjual lebih banyak di dalam dan di luar platform, dan mereka ingin membeli lebih banyak iklan di platform sehingga itu akan baik untuk bisnis iklan kami.

David Marcus, VP blockchain Facebook

Seperti Membangun “PayPal” Baru, Apakah Resiko Dan Imbalannya?

Dalam cryptocurrency, Facebook melihat adanya ancaman dan peluang. Facebook memegang janjinya untuk mengubah bagaimana barang dibeli dan dijual dengan menghilangkan biaya transaksi seperti yang biasa dikenakan kartu kredit. Hal itu hampir membahayakan bisnis iklan Facebook yang memengaruhi apa yang dibeli dan dijual. Jika pesaing seperti Google atau sebuah perusahaan startup membangun cryptocurrency yang populer dan dapat memantau transaksi, mereka bisa saja mempelajari apa yang orang beli dan dapat menghabiskan biaya miliaran untuk keperluan marketing tidak di Facebook. Sementara itu, memberikan layanan keuangan online kepada lebih dari 1,5 miliar orang adalah hal lain yang diinginkan Facebook. Resikonya, mereka yang tidak memiliki rekening bank dapat saja memilih pihak manapun yang mampu menawarkan alternatif layanan keuangan sebagai penyedia identitas online mereka juga.

Sampai sekarang cryptocurrency yang ada seperti Bitcoin dan Ethereum tidak direkayasa dengan tepat untuk menjadi media pertukaran. Harga yang tidak dijaga kestabilannya rentan berubah karena terjadinya perubahan besar dan tak terduga, hal ini menjadikannya sulit bagi pedagang untuk menerimanya sebagai alat pembayaran. Selain itu, cryptocurrency juga kehilangan banyak potensinya melebihi apa yang dispekulasikan, kecuali jika ada cukup tempat yang akan menggunakannya dari pada menggunakan dolar lalu memberikan pengalaman yang mudah dalam membeli dan membelanjakannya bagi kaum-kaum mainstream. Meskipun begitu, Facebook memiliki hubungan dengan 7 juta pengiklan dan 90 juta usaha kecil serta ditambah kecakapan pengalaman penggunanya, Facebook siap untuk mengatasi masalah-masalah besar tadi.

Sekarang Facebook ingin menjadikan Libra sebagai evolusi dari PayPal. Diharapkan Libra akan menjadi lebih mudah untuk diatur, lebih banyak dijumpai di mana-mana sebagai metode pembayaran, lebih efisien dengan biaya yang lebih sedikit, lebih mudah diakses oleh mereka yang tidak memiliki rekening bank, lebih fleksibel untuk para pengembang (developer) dan lebih tahan lama melalui desentralisasi.

Sukses akan berarti bahwa seseorang yang bekerja di luar negeri memiliki cara cepat dan sederhana untuk mengirim uang ke keluarga mereka di rumah, dan seorang mahasiswa dapat membayar sewa semudah mereka dapat membeli segelas kopi.

Libra White Paper

Itu adalah apa yang ditulis Facebook dalam dokumentasi Libra-nya. Hari ini hal itu akan menjadi peningkatan besar, ketika kamu terjebak untuk membayar sewa dalam cek yang tidak aman sementara layanan pengiriman eksploitatif membebankan rata-rata 7% untuk mengirim uang ke luar negeri, yang keseluruhan rata-rata mengambil US$50 miliar dari pengguna setiap tahunnya. Libra juga dapat memberikan kemampuan pada transaksi mikro senilai hanya beberapa sen yang tidak mungkin dilakukan dengan adanya biaya kartu kredit yang terpasang, bahkan bisa menggantikan kartu prabayar tol (e-money) milikmu.

… atau bisa sebaliknya, Libra bisa diabaikan secara global oleh semua orang yang melihatnya sebagai metode pembayaran yang memiliki terlalu banyak kerumitan dan manfaat yang terlalu sedikit, atau terlalu asing dan terbatas digunakan untuk menarik mereka ke dalam ekosistem keuangan modern. Di sisi lain, Facebook sendiri memiliki reputasi sebagai pembuat produk yang direkayasa secara berlebihan dan kurang dimanfaatkan. Semua itu akan membutuhkan berbagai bantuan yang bisa didapatkan Facebook jika ingin mengganti apa yang sudah ada di kantong semua orang.

Yuk Kenalan Sama Libra!

Lalu, Bagaimana Cara Kerja Libra?

Sekarang kamu sudah tahu tentang Libra secara mendasar. Uang tunai dalam mata uang lokal, dibelikan atau ditukarkan untuk mendapatkan saldo Libra, lalu dibelanjakan seperti dolar dengan tanpa biaya transaksi besar dan tanpa mencantumkan nama aslimu, serta bisa dicairkan atau diuangkan dalam mata uang lokal (tunai) kapanpun kamu mau.

Okai, sekarang kamu jangan ragu untuk berhenti membaca dan silahkan membagikan artikel ini jika hanya informasi itu saja yang kamu butuhkan. Informasi tentang teknologi yang mendasari Libra, asosiasi yang mengaturnya, dompet yang akan kamu gunakan dan cara kerja pembayarannya, semua informasi itu memiliki cukup banyak detail menarik untuk dibaca dan diketahui. Facebook sendiri telah merilis lebih dari 100 halaman dokumentasi tentang Libra dan Calibra, sedangkan aku di sini cuma menuliskan hal-hal paling penting tentang Libra. Silahkan dilanjutkan membaca kalau tidak terlalu malas! #MamakBullshit!

Asosiasi Libra – sebuah oligarki crypto baru

Facebook tahu semua orang tidak akan mempercayainya untuk sepenuhnya mengganti cryptocurrency yang mereka gunakan saat ini dengan Libra, dan Facebook juga menginginkan bantuan untuk mempercepat proses penggunaan Libra cryptocurrency. Jadi, melalui jejaring sosial direkrut anggota pendiri Asosiasi Libra, sebuah organisasi nirlaba yang mengawasi pengembangan Libra cryptocurrency, simpanan aset di dunia nyata yang memberikan nilai pada Libra dan aturan tata kelola blockchain Libra.

Jika kita mengendalikannya, sangat sedikit orang yang ingin melompat dan menjadikannya milik mereka.

David Marcus, VP blockchain Facebook

Setiap anggota (pendiri) Asosiasi Libra membayar investasi minimal US$10 juta untuk bergabung dan secara opsional menjadi operator node (simpul) validator (teruskan membaca saja dulu untuk info lebih lanjut tentang hal ini), memperoleh satu suara di dewan Asosiasi Libra dan berhak mendapat bagian (sebanding dengan investasi mereka) dividen yang diperoleh dari bunga simpanan aset Libra di mana pengguna telah membayar secara proporsional dengan mata uang dunia nyata untuk mendapatkan saldo Libra.

Berikut ini ke-28 pihak yang (segera akan) menjadi anggota asosiasi dan bidang industrinya, daftar ini sebelumnya telah dilaporkan oleh The Block’s Frank Chaparro;

  • Industri Pembayaran: Mastercard, PayPal, PayU (cabang dari Naspers yang bergerak di-fintech), Stripe, dan Visa.
  • Industri Teknologi dan Marketplace: Booking Holdings, eBay, Facebook/Calibra, Farfetch, Lyft, Mercado Pago, Spotify AB, dan Uber Technologies, Inc.
  • Industri Telekomunikasi: Iliad, dan Grup Vodafone.
  • Industri Blockchain: Anchorage, Bison Trails, Coinbase, Inc., dan Xapo Holdings Limited.
  • Industri Modal Ventura (venture capitals): Andreessen Horowitz, Breakthrough Initiatives, Ribbit Capital, Thrive Capital, dan Union Square Ventures.
  • Lembaga Akademik, Industri Nirlaba (organisasi nirlaba) dan Multilateral: Creative Destruction Lab, Kiva, Mercy Corps, dan Women’s World Banking.

Facebook mengatakan pihaknya berharap Asosiasi Libra bisa mencapai 100 anggotanya sebelum peluncuran resmi Libra dan terbuka bagi siapa saja yang memenuhi persyaratan, termasuk pesaing langsung seperti Google atau Twitter. Asosiasi Libra berbasis di Jenewa, Swiss dan akan bertemu dua kali setahun. Negara ini dipilih karena statusnya yang netral dan dukungan kuat untuk inovasi keuangan termasuk teknologi blockchain.

Direksi Libra – adalah mereka yang berhak memutuskan

Untuk bergabung dengan Asosiasi Libra, calon anggota harus memiliki setidaknya ruang yang bisa menampung setengah rak server, koneksi internet minimal 100 Mbps atau memiliki koneksi internet khusus, full time engineer handal untuk situsnya dan memiliki keamanan jaringan internet tingkat tinggi. Bisnisnya harus mencapai dua per tiga ambang batas nilai pasar US$1 miliar atau keseluruhan saldo pelanggan mencapai US$500 juta, bisa mencapai 20 juta orang per tahun dan/atau berada dalam urutan 100 industri teratas oleh grup seperti Interbrand Global atau S&P.

Investor yang berfokus pada cryptocurrency harus memiliki lebih dari US$1 miliar aset yang dikelola, sementara bisnis yang bergerak dalam bidang blockchain harus sudah menjalankan bisnisnya minimal selama setahun, memiliki keamanan privasi tingkat tinggi dan hak pengelolaan atau sudah menanamkan lebih dari US$ 100 juta aset. Selain itu, hanya sepertiga anggota pendiri yang diperbolehkan bergerak dalam bisnis terkait crypto, kecuali dimasukkan atau diundang untuk bergabung secara individual (penunjukan langsung). Facebook juga menerima organisasi atau lembaga riset seperti universitas, dan organisasi nirlaba yang memenuhi tiga dari empat kualifikasi, termasuk mengerjakan inklusi keuangan selama lebih dari lima tahun, jangkauan multinasional ke banyak pengguna, dipilih dan dimasukkan dalam daftar 100 teratas oleh Charity Navigator atau sesuatu seperti itu dan/atau memiliki anggaran minimal US$50 juta.

Asosiasi Libra akan bertanggung jawab untuk merekrut lebih banyak anggota yang bertindak sebagai node (simpul) validator untuk blockchain, menggalang dana untuk memulai ekosistem Libra, merancang program insentif untuk memberi penghargaan kepada pihak pengadopsi/pengguna awal Libra dan membagikan hibah dampak sosial (CSR). Dewan dengan perwakilan dari masing-masing anggota akan membantu memilih direktur pelaksana Asosiasi Libra yang akan menunjuk tim eksekutif dan memilih dewan yang beranggotakan lima hingga 19 perwakilan teratas.

Setiap anggota Asosiasi Libra, termasuk Facebook/Calibra, hanya akan mendapatkan satu suara atau 1% dari total suara di dewan Asosiasi Libra. Ini memberikan tingkat desentralisasi yang melindungi Facebook atau anggota lain menguasai Libra demi keuntungannya sendiri. Dengan menghindari kepemilikan dan penguasaan tunggal atas Libra, Facebook dapat menghindari pengawasan ekstra dari regulator yang telah menyelidiki Facebook untuk berbagai kasus pelanggaran privasi serta kasus kemungkinan perilaku anti-persaingan. Dalam upaya untuk mencegah kritik dari anggota parlemen, Asosiasi Libra menulis pernyataan ini;

Kami menyambut pertanyaan dan pertanggungjawaban publik. Kami berkomitmen untuk berdialog dengan regulator dan pembuat kebijakan. Kami berbagi minat dengan pembuat kebijakan dalam rangka menjaga stabilitas mata uang nasional yang sedang berlangsung.

Libra Association

Mata Uang Libra – sebuah koin dengan nilai stabil

Libra adalah unit cryptocurrency Libra yang diwakili oleh karakter unicode tiga garis horizontal bergelombang ≋ seperti dolar diwakili oleh $. Nilai sebuah Libra dimaksudkan untuk tetap stabil secara keseluruhan, sehingga menjadi media pertukaran yang baik, karena pedagang bisa yakin mereka tidak akan dibayar Libra hari ini yang bernilai lebih rendah dikemudian hari. Nilai Libra terkait dengan sekeranjang deposito bank dan sekuritas pemerintah jangka pendek untuk berbagai mata uang internasional yang nilainya stabil secara historis, diantaranya adalah dolar, pound, euro, franc Swiss, dan yen. Asosiasi Libra mempertahankan keranjang aset ini dan dapat mengubah keseimbangan komposisinya jika perlu untuk mengimbangi fluktuasi harga utama dalam salah satu mata uang asing mana pun sehingga nilai Libra tetap konsisten.

Nama Libra diambil dari kata Romawi untuk satuan ukuran berat dan mencoba untuk menimbulkan rasa kebebasan finansial dengan menghubungkannya ke bahasa Perancis “Lib” sebagai asal katanya yang berarti bebas.

Asosiasi Libra masih menempa nilai awal yang tepat untuk Libra, yang artinya Libra nanti berada di kisaran yang tidak jauh dengan nilai dolar, euro atau pound sehingga mudah untuk diterima konsepnya. Dengan begitu, satu galon susu di negara Amerika Serikat mungkin berharga 3 hingga 4 Libra, serupa tetapi tidak persis sama dengan dolar.

Idenya adalah bahwa kamu akan bisa menukarkan sejumlah uang tunai dan menjadikannya saldo Libra yang dapat kamu belanjakan ke pedagang dan layanan online yang menerima Libra. Kamu juga dapat menukarkan mata uang lokal milikmu menjadi saldo Libra dan begitu pula sebaliknya melalui aplikasi mobile dompet digital tertentu, termasuk Facebook Calibra, aplikasi mobile dompet digital pihak ketiga dan toko grosir lokal seperti Indomaret atau Alfamart di mana kebanyakan orang sudah biasa pergi ke tempat tersebut untuk mengisi ulang paket data seluler mereka.

Simpanan Libra – aset cadangan bernilai satu banding satu

Setiap kali seseorang menukarkan dolar atau mata uang lokal sendiri, uang itu masuk ke simpanan Libra (Libra Reserve) dan saldo Libra yang setara dengan simpanan tersebut dicetak dan dibagikan kepada orang itu. Jika seseorang menguangkan saldo Libra-nya dari Asosiasi Libra, saldo Libra mereka dikembalikan dan dihancurkan/dibakar (destroy/burn) oleh Asosiasi Libra dan orang itu menerima kembali uang dengan nilai yang setara sesuai mata uang lokalnya. Itu berarti dari 100% saldo Libra yang beredar selalu dijamin dengan aset dunia nyata di Libra Reserve. Hal itu tidak pernah berjalan fraksional. Tidak seperti sebuah cryptocurrency dengan nilai stabil yang hanya terpatok dan terikat pada satu mata uang seperti dolar Amerika Serikat, Libra mempertahankan nilainya sendiri, meskipun itu akan menghasilkan uang tunai dalam mata uang tertentu dengan jumlah yang kira-kira sama dari waktu ke waktu.

Ketika anggota Asosiasi Libra bergabung dan berinvestasi minimum US$10 juta, mereka menerima Token Investasi Libra. Bagian mereka dari total token diterjemahkan ke dalam proporsi dividen yang mereka peroleh dari bunga atas aset dalam Libra Reserve. Dividen tersebut hanya dibayarkan setelah Asosiasi Libra menggunakan bunga tersebut untuk membayar biaya operasi, investasi dalam ekosistem, penelitian teknik dan hibah untuk organisasi nirlaba dan organisasi lainnya. Bunga atas aset dalam Libra Reserve ini adalah bagian dari apa yang menarik para anggota Asosiasi Libra. Jika Libra menjadi populer dan banyak orang memiliki banyak saldo Libra, Libra Reserve akan tumbuh besar dan mendapatkan bunga yang signifikan.

Blockchain Libra – dibangun untuk alasan kecepatan

Setiap pembayaran menggunakan Libra secara permanen ditulis ke dalam Libra Blockchain, sebuah basis data yang diautentikasi secara kriptografis yang bertindak sebagai public online ledger (buku besar) yang dirancang untuk menangani 1000 transaksi per detik. Itu akan jauh lebih cepat daripada Bitcoin yang hanya mampu menangani 7 transaksi per detik atau Ethereum yang hanya 15 transaksi per detik. Libra Blockchain dioperasikan dan terus diverifikasi oleh anggota Asosiasi Libra, yang mana masing-masing anggotanya telah menginvestasikan US$10 juta bahkan lebih untuk bisa menentukan keputusan dalam tata kelola Libra cryptocurrency dan mampu untuk mengoperasikan node (simpul) validator.

Ketika suatu transaksi dikirimkan, masing-masing node menjalankan perhitungan berdasarkan ledger (buku besar) yang ada dari semua transaksi. Berkat sistem Toleransi Kesalahan Bizantium (Byzantine Fault Tolerance/BFT), perlu dua sampai tiga dari semua node yang harus mencapai konsensus bahwa transaksi tersebut sah untuk dieksekusi dan ditulis ke blockchain. Sebuah struktur Merkle Trees dalam Libra Blockchain membuatnya mudah untuk mengenali perubahan yang dibuat pada Libra Blockchain. Dengan transaksi 5 KB, 1000 verifikasi per detik pada sebuah CPU biasa (biasa diperdagangkan di toko komputer) dan jumlah akun yang mencapai hingga 4 miliar, Libra Blockchain harus dapat beroperasi dengan kecepatan 1000 transaksi per detik jika node menggunakan setidaknya 40 Mbps koneksi internet dan 16 TB SSD hard drive.

Transaksi di Libra tidak dapat dibatalkan. Jika sebuah serangan membahayakan sepertiga dari semua node validator, blockchain akan membuat percabangan versi baru karenanya. Asosiasi Libra mengatakan akan menghentikan sementara transaksi, lalu mencari tahu tingkat kerusakan dan merekomendasikan pembaruan perangkat lunak untuk menyelesaikan percabangan versi baru.

Transaksi Libra tidak sepenuhnya gratis. Libra mengenakan sedikit biaya sekecil beberapa sen untuk biaya “bahan bakar” yang mencakup biaya pemrosesan transfer dana yang mirip dengan Ethereum. Biaya ini akan diabaikan oleh sebagian besar pengguna Libra, tetapi ketika pengguna bertambah banyak, biaya kecil ini akan menghalangi para oknum jahat dari membuat jutaan transaksi untuk memicu spam dan serangan denial-of-service (DOS). Sambil membawa elemen terbaik dari cryptocurrency yang ada saat ini, Marcus mengatakan;

Kami sengaja mencoba untuk tidak berinovasi secara besar-besaran di blockchain itu sendiri karena kami ingin itu dapat diskalakan dan aman.

David Marcus, VP blockchain Facebook

Saat ini, Libra Blockchain adalah apa yang dikenal sebagai sistem “permissioned” (diizinkan), di mana hanya entitas yang memenuhi persyaratan tertentu yang diterima dalam grup khusus yang mendefinisikan konsensus dan mengontrol tata kelola blockchain. Masalahnya adalah struktur ini lebih rentan terhadap serangan dan sensor karena tidak benar-benar terdesentralisasi. Tetapi selama Facebook melakukan penelitian, Facebook tidak dapat menemukan struktur sistem “permissionless” (tanpa izin) yang dapat diandalkan dan dapat secara aman memperbesar jumlah transaksi yang perlu ditangani oleh Libra. Facebook mendapati bahwa menambahkan lebih banyak node ternyata malah memperlambat segalanya, dan tidak ada yang membuktikan bagaimana cara untuk menghindarinya tanpa membahayakan keamanan.

Itulah sebabnya tujuan Asosiasi Libra adalah untuk pindah ke sistem “permissionless” (tanpa izin) berdasarkan bukti kepemilikan yang akan melindungi terhadap serangan dengan mendistribusikan kontrol, mendorong persaingan dan menurunkan penghalang untuk masuk. Hal ini setidaknya membutuhkan dukungan 20% suara di dewan Asosiasi Libra yang berasal dari operator node (simpul) berdasarkan total kepemilikan saham mereka bukan berdasarkan status mereka sebagai anggota (pendiri) Asosiasi Libra. Rencana itu akan membantu menenangkan puritan blockchain yang tidak akan puas sampai Libra sepenuhnya didesentralisasi.

Bahasa Pemrograman Move – bahasa khusus untuk Libra yang selalu berpindah

Libra Blockchain adalah perangkat lunak open source dengan lisensi Apache 2.0, dan developer mana pun dapat membuat aplikasi yang bisa bekerja dengan Libra Blockchain menggunakan Move programming language. Prototipe blockchain meluncurkan testnet-nya hari ini, jadi secara efektif Libra Blockchain sudah dalam mode beta developer sampai nanti ketika diluncurkan secara resmi pada paruh pertama tahun 2020. Asosiasi Libra bekerja sama dengan HackerOne untuk meluncurkan sistem bug bounty pada akhir tahun ini yang akan memberikan hadiah (membayar sejumlah uang) kepada peneliti keamanan untuk mengidentifikasi secara aman kekurangan dan gangguan pada Libra Blockchain. Sementara itu, Asosiasi Libra mengimplementasikan Libra Core menggunakan bahasa pemrograman Rust karena dirancang untuk mencegah kerentanan keamanan, dan bahasa pemrograman Move belum sepenuhnya siap.

Move sengaja dibuat untuk menjadikan lebih mudah dalam menulis kode blockchain dengan mengikuti maksud penulis tanpa memperkenalkan bug. Bahasa pemrograman ini disebut Move karena fungsi utamanya adalah memindahkan saldo Libra dari satu akun ke akun lainnya, dan tidak pernah membiarkan aset-aset itu diduplikasi secara tidak sengaja. Kode transaksi inti terlihat seperti berikut ini:

LibraAccount.pay_from_sender(recipient_address, amount) procedure

Akhirnya, pengembang Move akan dapat membuat kontrak cerdas untuk interaksi terprogram dengan Libra Blockchain. Sampai Move siap, pengembang dapat membuat modul dan kode transaksi untuk Libra menggunakan Move IR, yang tingkatannya cukup tinggi sehingga dapat dibaca manusia tetapi cukup rendah untuk diterjemahkan menjadi bytecode Move yang sebenarnya yang ditulis ke blockchain.

Ekosistem Libra dan bahasa Move akan sepenuhnya terbuka untuk digunakan dan dibangun, yang menghadirkan risiko cukup besar. Pengembang yang jahat (scammers) bisa memangsa pendatang baru dalam dunia crypto, mereka mengklaim aplikasi mereka berfungsi sama seperti aplikasi yang resmi dan aman karena menggunakan Libra. Tetapi jika pengguna ditipu oleh scammers ini, kemarahan pasti akan meluap ke Facebook. Meskipun demikian, tetap saja kepala produk Calibra mengatakan seperti ini;

Tidak ada rencana bagi Asosiasi Libra untuk berperan aktif dalam memeriksa (para pengembang).

Kevin Weil, Calibra’s Head of Product

Meskipun Facebook mencoba menjauhkan diri secara cukup melalui anak perusahaannya, Libra dan asosiasinya, banyak orang mungkin akan selalu menganggap Libra sebagai cryptocurrency Facebook dan menyalahkannya atas kesengsaraan mereka.

Insentif Libra – sebuah pengharhargaan untuk mereka yang mengawali usaha ini

Asosiasi Libra ingin mendorong lebih banyak pengembang dan pedagang untuk bekerja dengan cryptocurrency-nya. Itu sebabnya Asosiasi Libra berencana untuk mengeluarkan insentif, mungkin berupa saldo Libra, kepada operator node validator yang dapat membuat orang mendaftar dan menggunakan Libra. Dompet digital yang bisa menarik pengguna melalui proses anti penipuan dan anti pencucian uang (Know Your Customer) atau dompet digital yang mampu membuat penggunanya cukup aktif selama lebih dari satu tahun, semuanya akan dihargai dengan insentif. Pedagang juga akan menerima persentase intensif untuk setiap transaksi yang mereka proses.

Berbagai bisnis yang mendapatkan insentif tersebut dapat menyimpannya, atau meneruskan sebagian atau semuanya kepada pengguna dalam bentuk saldo Libra gratisan atau berupa diskon untuk pembelian mereka. Ini dapat menciptakan persaingan antar dompet digital sehingga bisa dilihat mana yang dapat memberikan hadiah paling banyak kepada pengguna mereka, dan dengan demikian menarik sebagian besar pengguna. Kamu bisa membayangkan eBay atau Spotify memberikan diskon kepadamu untuk membayar menggunakan Libra, sementara pengembang dompet digital mungkin menawarkan kepadamu saldo Libra gratis jika kamu menyelesaikan 100 transaksi dalam setahun.

Satu tantangan bagi Spotify dan penggunanya di seluruh dunia adalah kurangnya sistem pembayaran yang mudah diakses, terutama bagi mereka yang berada di pasar yang kurang terlayani secara finansial. Bergabung dengan Asosiasi Libra menjadikan adanya peluang untuk lebih menjangkau keseluruhan pasar Spotify yang dapat ditangani, menghilangkan gesekan, dan memungkinkan pembayaran dalam skala besar.

Alex Norström, Chief Business Officer Premium Spotify

Sistem insentif cerdik ini harus secara besar-besaran membantu meningkatkan jumlah pengguna Libra tanpa menentukan bagaimana bisnis menyeimbangkan marginnya terhadap pertumbuhan. Facebook juga memiliki rencana lain untuk menumbuhkan ekosistem pengembangnya, yaitu dengan menawarkan sebagian dari bunga Libra Reserve kepada perusahaan modal ventura seperti Andreessen Horowitz dan Union Square Ventures sehingga mereka termotivasi untuk mendanai startup yang membangun infrastruktur Libra.

Bagaimana Menggunakan Libra?

Lalu bagaimana agar kamu benar-benar bisa memiliki dan menggunakan saldo Libra? Caranya adalah melalui dompet digital Libra seperti Calibra milik Facebook dan dompet digital lainnya yang akan dibuat oleh pihak ketiga, salah satu anggota Asosiasi Libra yang berpotensi membuatnya adalah PayPal. Idenya adalah menjadikan kirim-kiriman uang ke keluarga dan teman atau membayar segala sesuatu semudah mengirim pesan menggunakan Facebook Messenger. Kamu tidak akan dapat melakukan atau menerima pembayaran saldo Libra dengan nyata sampai peluncuran resmi Libra pada tahun 2020, tetapi di sini kamu dapat mendaftar untuk akses awal Calibra ketika Libra sudah siap.

Tidak ada anggota Asosiasi Libra yang sepakat untuk memberikan perincian tentang apa sebenarnya yang akan mereka bangun di blockchain, tetapi kita dapat menggunakan dompet digital Calibra sebagai contoh pengalaman dasar. Calibra akan diluncurkan bersama mata uang Libra di iOS dan Android dalam Facebook Messenger, WhatsApp, dan standalone aplikasi mobile. Ketika pengguna pertama kali mendaftar Calibra, mereka akan dibawa melalui proses anti-penipuan (Know Your Customer) di mana pengguna harus memberikan ID foto yang diterbitkan oleh pemerintah dan info verifikasi lainnya. Pengguna juga harus tuntas melakukan uji pelanggan dan melaporkan aktivitas mencurigakan kepada pihak berwenang.

Dari situ kamu akan dapat menukarkan uang tunai menjadi saldo Libra milikmu, kamu bisa pilih teman atau pedagang, menentukan jumlah saldo Libra untuk dikirim, menambahkan deskripsi dan kirim saldo Libra milikmu ke dompet digital Libra mereka. Kamu juga dapat meminta (request) saldo Libra, dan Calibra akan menawarkan cara yang cepat untuk membayar, yaitu dengan memindai QR code milikmu atau QR code pedagang. Nantinya Calibra akan menawarkan pembayaran di dalam toko dan integrasi dengan sistem point-of-sale (POS) seperti Square.

Anggota Asosiasi Libra dari industri e-commerce sangat bersemangat dengan bagaimana Libra dapat menghilangkan biaya transaksi dan mempercepat checkout.

Kami percaya blockchain akan menguntungkan industri barang mewah dengan meningkatkan perlindungan IP, transparansi dalam siklus hidup produk dan (seperti dalam kasus Libra) memungkinkan e-commerce global berjalan tanpa gesekan.

Jose Neves, CEO FarFetch

Privasi – setidaknya hal itu dijamin oleh Facebook sendiri

CEO Facebook Mark Zuckerberg menjelaskan beberapa filosofi di balik Libra dan Calibra dalam sebuah post hari ini;

Ini terdesentralisasi, artinya dijalankan oleh banyak organisasi berbeda, bukan hanya satu, menjadikan sistem lebih adil secara keseluruhan. Ini tersedia untuk siapa saja dengan koneksi internet dan memiliki biaya rendah. Dan itu dijamin dengan kriptografi yang membantu menjaga uangmu tetap aman. Ini adalah bagian penting dari visi kami untuk platform sosial yang berfokus pada privasi, di mana kamu dapat berinteraksi dengan semua cara yang kamu inginkan secara pribadi, dari pengiriman pesan hingga pembayaran yang aman. “

Mark Zuckerberg, CEO Facebook

Secara default, Facebook/Calibra tidak akan mengimpor daftar kontak milikmu atau informasi profilmu, tapi mungkin bertanya apakah kamu ingin melakukannya. Facebook/Calibra juga tidak akan membagikan data transaksi milikmu ke Facebook, sehingga tidak akan digunakan untuk menargetkan kamu dengan iklan, mengatur linimasa akunmu, atau mendapatkan secara langsung uang dari Facebook. Data hanya akan dibagikan dalam contoh khusus dengan cara anonim untuk penelitian atau pengukuran, untuk memburu penipu atau karena permintaan dari penegak hukum. Dan bahkan, kamu tidak memerlukan akun Facebook atau WhatsApp untuk mendaftar Calibra atau menggunakan Libra.

Kami menyadari orang tidak ingin data sosial dan data keuangan mereka bercampur. Kenyataannya adalah kita akan mendapati adanya banyak dompet digital yang akan bersaing dengan kita dan banyak dari mereka tidak akan bersosialisasi, dan jika kita ingin berhasil memenangkan kepercayaan orang, kita harus memastikan bahwa data akan selalu dipisahkan.

David Marcus, Head of Calibra (VP blockchain Facebook)

Jika kamu diretas, ditipu atau kehilangan akses ke akunmu, Calibra akan mengembalikan kepadamu sejumlah saldo Libra yang hilang ketika memungkinkan melalui dukungan obrolan 24/7 karena ini adalah dompet digital kustodian. Kamu juga tidak perlu mengingat kata sandi crypto yang panjang dan rumit, yang terlupakan olehmu dan kamu terkunci dari uangmu, karena Calibra mengelola semua kunci untukmu. Menyadari bahwa Calibra kemungkinan akan menjadi dompet digital secara default bagi banyak pengguna Libra, perlindungan ekstra dan pengalaman pengguna yang lebih lancar ini menjadi sangatlah penting.

Untuk saat ini, Calibra tidak akan menghasilkan uang. Tetapi Head of Product Calibra, Kevin Weil mengatakan bahwa jika sudah saatnya, Facebook melalui Calibra dapat meluncurkan alat keuangan lainnya yang dapat dimonetisasi, seperti investasi atau pinjaman.

Pada waktunya, kami berharap dapat menawarkan layanan tambahan untuk perorangan maupun bisnis, seperti membayar tagihan dengan menekan tombol, membeli secangkir kopi dengan memindai kode atau mengendarai angkutan umum lokal tanpa perlu membawa uang tunai atau metro pass.

Calibra Team

Apa yang ditulis oleh tim Calibra tersebut membuat Calibra mulai terdengar seperti aplikasi segalanya di China, yaitu WeChat. #MamakBullshit!

Sebuah Koin Global a.k.a. Lord Of The Coin (#MamakBullshit!)

Facebook punya satu hal yang pasti:
Uang hari ini tidak bekerja untuk semua orang. Kita yang hidup dengan nyaman di negara maju kemungkinan tidak melihat kesulitan yang menimpa pekerja migran atau orang yang tidak memiliki rekening bank di luar negeri. Dimangsa oleh pemberi pinjaman, pemberi gajian yang serakah dan layanan pengiriman uang berbiaya tinggi, yang ditargetkan oleh para perampok dan ditinggalkan dari layanan keuangan tradisional, kaum miskin menjadi semakin miskin. Libra memiliki potensi untuk menghantarkan lebih banyak uang dari mereka yang bekerja ke keluarga mereka dan membantu orang-orang mempertahankan kekayaan mereka bahkan jika harta fisik mereka dirampok. Semua itu butuh lebih banyak perbuatan untuk menyelesaikan misi Facebook yang ingin membuat dunia terasa lebih kecil daripada jumlah keseluruhan semua Likes di linimasa.

Jika Facebook berhasil dan banyak orang menguangkan Libra, Facebook dan anggota Asosiasi Libra lainnya dapat memperoleh dividen besar atas bunga Libra Reserve. Dan jika tiba-tiba menjadi super cepat untuk bertransaksi dalam membeli sesuatu melalui Facebook menggunakan Libra, bisnis akan meningkatkan pengeluaran iklan mereka di Facebook. Tetapi jika Libra diretas atau terbukti tidak dapat diandalkan, itu bisa membuat banyak orang di seluruh dunia kehilangan uang sekaligus menjadikan mereka jera dengan adanya cryptocurrency. Dan dengan menawarkan platform Libra yang terbuka (open source), pengembang berhati jahat dapat membangun aplikasi yang tidak hanya mencuri informasi pribadi orang-orang seperti Cambridge Analytica, tetapi juga mencuri uang digital mereka yang diperoleh dengan susah payah.

Facebook baru saja mencoba menemukan kembali konsep uang. Tahun depan kita akan melihat apakah Asosiasi Libra dapat melakukannya. Sedangkan aku baru saja menyelesaikan tulisan 4000 kata untuk menjelaskan Libra, sekarang kita lihat apakah kamu sudah bisa memutuskan untuk tidak takut dengan Facebook cryptocurrency atau membuatmu mengumpat, “JANCUK!’ seperti diriku!?!?! #MamakBullshit!

Apa kabar CARIIDE.ID!?! Apakah masih bisa beli sepuluh dapat tambahan satu?!?

(Visited 86 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *