Sebuah Lubang Hitam (Black Hole) Berhasil Diperawani Melalui Foto

Pada tanggal 10 April 2019, para ilmuwan usil yang selalu memakai jaringan teleskop global untuk menyalurkan hobinya mengintip lubang hitam, untuk pertama kalinya mereka berhasil menangkap foto sebuah lubang hitam supermasif dan bayangannya di pusat galaksi yang dikenal sebagai M87, itu menurut pengumuman dari para peneliti di National Science Foundation pada hari Rabu pagi. Hal itu sudah menjadi bukti kuat bahwa lubang hitam telah berhasil diperawani oleh para ilmuwan meskipun hanya melalui foto.

Hal tersebut juga merupakan sebuah bukti langsung yang membuktikan secara visual untuk pertama kalinya bahwa yang namanya lubang hitam benar-benar ada, itu kata para peneliti. Bisa dilihat di dalam fotonya, wilayah bagian tengah nampak gelap karena dienkapsulasi oleh cincin cahaya yang terlihat lebih cerah di salah satu sisinya, #pahamkah?!?

Sedangkan galaksi masif yang disebut Messier 87 atau M87, sebenarnya penyebutannya sama sekali tidak ada kaitannya dengan merek M150 atau nama Mamak dan lokasinya berada di dekat kluster galaksi Virgo yang jaraknya cuma 55 juta tahun cahaya dari Bumi serta lubang hitam supermasif di pusatnya M87 hanya memiliki massa 6,5 miliar kali dari massa Matahari yang menyinari dunia kita setiap hari tanpa berharap kembali bagaikan kasih ibu kepada beta yang tak terhingga sepanjang masa.

“Kami telah melihat apa yang kami pikir tidak dapat dilihat, kami telah melihat dan mengambil gambar sebuah lubang hitam.”

Sheperd Doeleman, direktur Event Horizon Telescope Collaboration.
mamak-bullshit-foto-pertama-dari-lubang-hitam-black-hole
The black hole image captured by the Event Horizon Telescope Collaboration.
Tap or click to open the full color image, dan kumohon jangan berkedip untuk beberapa saat ketika melihat untuk merasakan sensasi ilusinya.

Kolaborasi Event Horizon Telescope, yang disebut EHT, adalah jaringan global teleskop yang menangkap foto lubang hitam untuk pertama kali. EHT inilah pelaku yang berhasil mengambil keperawanan lubang hitam melalui foto. EHT melibatkan lebih dari 200 peneliti dalam proyek ini. Mereka telah bekerja selama lebih dari satu dekade untuk mendapatkan foto lubang hitam ini. Proyek ini dinamai Event Horizon, yang dimaksud event horizon adalah sebuah usulan tentang batas di sekitar lubang hitam yang merepresentasikan adanya titik tidak bisa kembali di mana di titik itu tidak ada cahaya atau radiasi yang bisa lolos dari gravitasi lubang hitam.

Dalam upaya mereka untuk menangkap foto lubang hitam, para ilmuwan menggabungkan kekuatan delapan teleskop radio di seluruh dunia menggunakan Very-Long-Baseline-Interferometry, menurut European Southern Observatory, yang merupakan bagian dari EHT. Ini secara efektif menciptakan teleskop virtual dengan ukuran yang kurang lebih sama dengan ukuran Bumi itu sendiri. Ibarat bola mata, teleskop-teleskop itu berhasil digabungkan untuk membentuk sebuah bola mata sebesar Bumi secara virtual, #pahamkah?!?

Berikut ini nama-nama teleskop yang terlibat dalam menciptakan susunan global; ALMA, APEX, the IRAM 30-meter telescope, the James Clerk Maxwell telescope, the Large Millimeter telescope Alfonso Serrano, the Submillimeter Array, the Submillimeter telescope dan the South Pole telescope. Array dari teleskop-teleskop itu mengumpulkan 5.000 triliun byte data selama dua minggu yang diproses melalui super komputer sehingga para ilmuwan dapat mengambil gambar.

“Pengamatan adalah tarian terkoordinasi di mana kami secara bersamaan mengarahkan teleskop kami dalam urutan yang direncanakan dengan hati-hati untuk memastikan pengamatan ini benar-benar simultan, sehingga kami bisa melihat gelombang muka cahaya yang sama ketika mendarat di setiap teleskop, kami juga menggunakan jam atom yang sangat tepat di setiap teleskop.”

Daniel Marrone, profesor astronomi di Universitas Arizona.

Kurang lebih seperti itu yang aku bisa sampaikan tentang hilangnya keperawanan lubang hitam oleh para ilmuwan meskipun hanya melalui foto. Kalau ingin tahu lebih banyak lagi, rincian pengamatan tentang foto pertama sebuah lubang hitam di M87 ini telah diterbitkan dalam bentuk serangkaian makalah penelitian, kalau tidak salah ada enam makalah yang diterbitkan di The Astrophysical Journal Letters. Silahkan dibaca-baca sepuas-puasnya biar paham, okais! Salam, Mamak Bullshit!

NB, oya hampir lupa, yang disebut lubang hitam itu apa sih??? kalau ada yang tahu, tolong dijawab melalui kolom komentar di bawah ini, terima kasih!

(Visited 35 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *